Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah

Pemanasan global memang membuat kondisi cuaca menjadi tidak menentu. Akibatnya datangnya musim hujan juga sulit diprediksi. Berangkat darisini, kita harus selalu waspada terhadap kemungkinan penyakit musim hujan yang sering menyerang anak.

Berikut adalah 4 penyakit yang sering menyerang :

1. Diare

ketika musim hujan tiba, kita harus ekstra waspada terhadap penyakit ini. Diare adalah sakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E coli)diare bisa berakit fatal jika telat ditangani yakni mengakibatkan dehidrasi hingga kematian.

Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini salah satunya dengan menjaga kebersihan makanan, minuman, jajanan dan kebersihan tubuh anak dengan baik seperti mencuci tangan sebelum makan.

2. Flu Singapura (Hand Foot and Mouth Disease)

Penyakit ini diababkan oleh entovirus dan sering menular lewat batuk atau bersin.

Penderita flu singapura biasanya pada kulitnya muncul bintil yang berisi air dan luka-luka di sekitar mulut (mukosa), telapak tangan dan telapak kaki. Tapi, bisa juga bintil itu muncul di siku tangan, bokong, lutut, dan lipat paha. Akibat dari bintil ini, anak menjadi kesulitan dalam menelan sehingga terjadi penurunan nafsu makan yang drastis.

3. Tipes

Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella parathypi.  Bakteri ini dapat ditemukan pada makanan atau minuman yang terkontaminasi.

gejala tipes pada umunya penyebabkan si penderita  akan mengalami  gejala seperti demam tinggi, sakit kepala, hilang nafsu makan, kelelahan, dan sakit pada bagian perut. Dalam kasus tertentu, tipes juga menyebabkan ruam dan sembelit. Jika tidak segera ditangani, tipes bakal berujung pada komplikasi seperti pneumonia, pleuritis, miokarditis, dan gagal jantung.. Di Indonesia, tipes menduduki peringkat ketiga pada daftar penyakit terbanyak yang dirawat di rumah sakit.

4. Leptospirosis

Apakah sahabat tinggal di wilayah yang rentan banjir? Jika iya, waspadalah dengan penyakit yang satu ini yakni

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan bakteri Leptospira sp yang menyebar lewat urine tikus. Ketika terjadi banjir, tikus akan keluar dan urine tikus bercampur dengan air banjir atau air hujan dan masuk ke tubuh lewat kulit.

Gejala dari peyakit ini adalah mukosa yang kering dan kulit berwarna kekuningan. Pada kasus tertentu, penderita bisa mengalami diare dan kekurangan cairan.

Demikian tulisan kami pada hari ini semoga bermanfaat !