Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Secara medis, marah berlebihan dapat memiliki dampak serius pada kesehatan seseorang. Ketika marah, tubuh seseorang akan melepaskan hormon-hormon stres seperti kortisol dan adrenalin. Bila terlalu banyak, hormon tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan masalah kesehatan. Jika mengalaminya,Sahabat sebaiknya segera mengendalikan diri agar tidak berlanjut.

Menahan marah itu memang bukan pekerjaan mudah. Oleh Karena itu,  Rasulullah mengumpamakan orang yang dapat mengendalikan kemarahan dan emosinya, sebagai orang terkuat. (lihat: Fath al-Bari, 10/520).

Berikut ini adalah tips mengatasi yang dianjurkan oleh Rasulullah dari berbagai sumber yang telah kami rangkum,

Berikut beberapa cara untuk meredam kemarahan, sesuai petunjuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wassallam:

  1. Membaca Ta’awwudz.Rasulullah bersabda “Ada kalimat kalau diucapkan niscaya akan hilang kemarahan seseorang, yaitu A’udzu billah minasy syaithaanir rajim (Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk).” (HR. Bukhari Muslim).
  2. Berwudlu.Rasulullah bersabda, “Kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah.” (HR. Abu Dawud).
  3. Mengubah posisi.Dalam sebuah hadits dikatakan, “Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah.” (HR. Abu Dawud).
  4. Diam.Dalam sebuah hadits dikatakan, “Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah.” (HR. Ahmad).
  5. Memikirkan bahaya marah. Dalam kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al Ghazali beliau mengatakan ketika orang hendak marah coba bayangkan keburukan yang akan menimpa dirinya jika ia sampai marah. Sehingga si pelaku akan berpikir dua kali untuk melampiaskan amarahnya tersebut.
  6. 6.Mandi. Menurut Syekh Sayyid Nada, marah adalah api setan yang dapat mengakibatkan mendidihnya darah dan terbakarnya urat syaraf. “Maka dari itu, wudhu, mandi atau semisalnya, apalagi mengunakan air dingin dapat menghilangkan amarah serta gejolak darah,
     
    Demikian tips untuk mengatasi marah.. semoga tulisan kami pada hari ini bermanfaat ya sahabat !

Referensi :

https://www.hidayatullahdotcom/kajian/gaya-hidup-muslim/read/2015/01/03/36137/tips-ala-rasulullah-meredam-amarah.html