Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat As Shidiq Aqiqah.

mengutip dari rumahfiqihdotcom, ulama berbeda pendapat mengenai hal ini. Pendapat pertama yang membolehkan aqiqah selain menggunakan kambing umumnya sepakat , asalkan masih dalam jenis hewan sembelihan untuk peribadatan, seperti sapi, kerbau atau unta. Dalilnya,  Ibnul Mundzir menceritakan, bahwa Anas bin Malik meng-aqiqahkan anaknya dengan unta. Dari Al-Hasan, dia berkata bahwa Anas bin Malik radhiyallahuanhu menyembelih seekor unta untuk aqiqah anaknya.

Hal itu juga dilakukan oleh shahabat yang lain, yaitu Abu Bakrah radhiyallahuanhu. Beliau pernah menyembelih seekor unta untuk aqiqah anaknya dan memberikan makan penduduk Bashrah dengannya.

Sedangkan pendapat kedua  yang melarang, mereka berpendapat bahwa aqiqah itu hanya boleh dengan kambing dan tidak boleh dengan sapi, kerbau atau unta. Dalilnya  mengacu kepada ijtihad Aisyah radhiyallahuanha.

Dari Ibnu Abi Malikah ia berkata: Telah lahir seorang bayi laki-laki untuk Abdurrahman bin Abi Bakar, maka dikatakan kepada ‘Aisyah: “Wahai Ummul Mu’minin, adakah aqiqah atas bayi itu dengan seekor unta?”. Maka ‘Aisyah menjawab: “Aku berlindung kepada Allah, tetapi seperti yang dikatakan oleh Rasulullah, dua ekor kambing yang sepadan.” (HR. Al-Baihaqi)

dalam riwayat lain,

Seorang wanita berkata di hadapan ‘Aisyah: “Seandainya seorang wanita melahirkan fulan (anak laki-kaki) kami menyembelih seekor unta.” Berkata ‘Aisyah: “Jangan, tetapi yang sesuai sunah adalah buat seorang anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk anak perempuan seekor kambing.” (HR. Ishaq bin Rahawaih)

Demikian penjelasan untuk  menjawab pertanyaan bolehkah hewan aqiqah selain kambing. Dari pemaparan di atas, ulama masih memperbolehkan aqiqah  dilakukan dengan hewan selain daripada kambing/domba seperti dengan sapi ataupun unta.

Referensi :

https://www.rumahfiqihdotcom/konsultasi-1354727760-bolehkah-aqiqah-selain-kambing.html