Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Traktir, merupakan sebuah kata yang mungkin sering kita dengar . Dalam islam ternyata mentraktir teman adalah sebuah ibadah yang bisa mendatangkan pahala yang sangat besar. Islam sangat menganjurkan mentraktir teman dan membagikan makanan ke orang lain.

Bahkan Rasulullah saja sampai bersabda mengenai hal yang satu ini. Menurut hadits yang diriwayatkan didalam Ash-Shahihain dan selainnya, dari Abdullah bin Amr radhiallahu ‘anhu, bahwasannya seseorang bertanya pada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

“Apakah amalan yang paling baik didalam Islam?” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang dikenal maupun yang tidak dikenal” (HR. Muslim)

Hadits lain,

“Siapa yang memberi makan saudaranya berupa roti yang mengenyangkan dan memberi minum yang menghilangkan dahaganya. Maka dia akan terhindar dari neraka sejauh tujuh parit. Lebar setiap parit adalah sejauh perjalanan 700 tahun.” (HR An Nasa’i , Al Hakim, Ath Thabrani , dan Al Baihaqi)

Nah jadi berdasarkan hadits tersebut, mentraktir teman atau orang lain bisa mendapatkan pahala yang besar. Selain itu, memberi makan dan minuman dapat menghindarkan kita dari neraka sejauh 7 parit. Bayangkan jika ada 10/20/ ratusan orang lebih yang kita traktir. Masya Allah !

Tapi ingat, Allah Akan memberikan balasan tergantung kadar niat, jangan pernah merasa terpaksa atau merasa rugi. Allah tidak memandang siapa yang kita traktir, apa dia miskin atau kaya, keluarga atau bukan, teman atau bukan teman. Jika semua kita lakukan secara ikhlas tanpa unsur Riya. maka pahala traktir bisa dapatkan dapatkan. Yang penting traktiranya itu berupa makanan dan minuman halal .

Demikian tulisan kami pada hari ini. Semoga bermanfaat !