Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Apakah sahabat salah seorang yang takut dikelilingi tetangga yang jahat? Takut diberi pasangan yang menjengkelkan hati?Takut diberikan anak yang durhaka?Takut diberi harta yang justru membawa bala? Takut diberi kawan yang ternyata menusuk dari belakang?

Pas Sekali ! Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai Doa Nabi Daud A.S yang meminta pada Allah agar terlindung dari kelima hal tersebut. Ini doanya :

Allahumma inni a’udzu bika min jaaris suu’, wa min zawji tusyayyibunii qoblal masyiib, wa min waladin yakuunuu ‘alayya robban, wa min maalin yakuunu ‘alayya ‘adzaban, wa min khaliilin maakirin ‘ainuhu tarooni wa qolbuhu yar’aani, in ra-aa hasanatan dafanahaa wa idza ra-aa sayyi-atan adza’ahaa.

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jahat; dari pasangan yang menjadikanku tua (beruban) sebelum waktunya; dari anak (keturunan) yang berkuasa kepadaku; dari harta yang menjadi siksa bagiku; dan dari kawan dekat yang berbuat makar kepadaku, matanya melihat dan hatinya terus mengawasi, namun kalau melihat kebaikanku, ia timbun dan kalau melihat kejelekanku, ia sebarkan.” (HR. Thabrani dalam Ad-Du’a’ 3: 1425, no. 1339, juga dalam Az-Zuhud, no. 1038. Syaikh Al-Albani menyebutkan dalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, 7: 377, no. 3137. Hadits ini hanya maqthu’, perkataan tabi’in dan tidak marfu’ sampai Nabi.”)

Doa ini penuh berkah karena berisi meminta perlindungan pada lima hal yang merupakan sifat-sifat yang tercela.

Pertama, dari tetangga yang dapat membahayakan diri kita

Kedua, Dari pasangan yang menjadikan Cepat Tua (Yang dimaksud di sini adalah dari suami atau istri yang jelek perilakunya.)

Ketiga, Berlindung dari anak yang berkuasa pada orang tua. Maksudnya di sini kita berlindung pada Allah agar diberi anak  yang memiliki adab terhadap orangtuanya. Agar ia tidak  bertingkah laku seperti bos karena saking kurang ajar dan durhakanya pada orang tuanya sendiri. Layaknya majikan dengan budak

Keempat, Berlindung dari harta yang menjadi siksa. Maksudnya kita berlindung pada Allah dari harta yang tidak membawa berkah. Sebab harta yang didapat dari cara yang halal dan haram letak perbedaannya ada dimasalah berkah. Berkah ini yang menjadi kunci apakah harta tersebut dapat membawa bagi pemiliknya atau tidak. Kita harus waspada betul sahabat dengan harta yang haram. Karena dengan cara apapun  kita menahannya, harta yang haram itu akan keluar dengan caranya sendiri baik disadari ataupun tidak sadari oleh pelakunya.

Kelima, Berlindung dari kawan yang jahat. Dalam doa kelima ini memohon kepada Allah dihindarkan dari kawan yang jahat lagi munafik perilakunya. Betapa banyak orang yang hancur pamornya, habis hartanya, hingga terjerumus dalam kesesatan karena salah dalam berkawan. oleh karenanya,dalam doa ini kita memohon pada Allah agar diberi kawan yang satu frekuensi dalam kebaikan dengan kita.

Demikian tulisan hari ini semoga bermanfaat !