Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Diantara yang termasuk dosa besar adalah menuduh orang lain dengan tuduhan keji dan termasuk perbuatan kezaliman dan orang yang berbuat demikian diancam dengan azab yang pedih sebagaimana sebuah contoh yang Allah Subhanahu wata’ala sebutkan didalam Al-Qur’an kisah tuduhan keji yang paling besar yang senantiasa kita baca didalam Al-Qur’an yaitu kisah tuduhan Aisyah Radhiyallahu ‘anha istri Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam, yang dituduh berzinah dengan Ibnu Muatil Radhiyallahu ‘anhu ketika Sayyidah Aisyah Radhiyallahu ‘anha tertinggal di dalam perjalanan.

Abdullah Bin Ubay Bin Salul yang merupakan gembong orang – orang munafik menyebarkan berita dusta tersebut selama satu bulan lebih, kota madinah pada waktu itu dalam keadaan goncang dengan berita fitnah tersebut, sampai Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam hampir percaya dengan fitnah tersebut karena terlambat turun wahyu dari Allah Subhanahu wata’ala, namun dengan hikmah yang diinginkan oleh Allah Subhanahu wata’ala, Allah Subhanahu wata’ala kemudian menurunkan firmannya untuk membela Aisyah Radhiyallahu ‘anha dan menghinakan orang – orang munafik yang menyebarkan berita fitnah keji tersebut, Allah Azza Wa jalla berfirman:

Sesungguhnya orang-orang yang membawa berita bohong itu adalah dari golongan kamu juga. Janganlah kamu kira bahwa berita bohong itu buruk bagi kamu bahkan ia adalah baik bagi kamu. Tiap-tiap seseorang dari mereka mendapat balasan dari dosa yang dikerjakannya. Dan siapa di antara mereka yang mengambil bahagian yang terbesar dalam penyiaran berita bohong itu baginya azab yang besar”. (QS. An Nur: 11).

Dalam islam hoax adalah dosa yang tidak bisa dianggap remeh. Karena ada ancaman berat bagi pelakunya. Wajar dosa bagi pelaku hoax amat berat.. Karena hoax dapat merusak kehormatan orang yang menjadi korban hoax dan juga keluarga-keluarganya. Belum lagi memperbaiki nama orang yang telah rusak bukanlah pekerjaan yang mudah.

Demikianlah tulisan kami pada hari ini semoga bermanfaat ya sahabat.. untuk yang belum aqiqah yuk dapatkan promo- promo menarik di as shidiq aqiqah..

Referensi :

https://mim.ordotid/dosa-besar-menuduh-tanpa-bukti/