Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Pada hari ini kami akan membahas mengenai golongan – golongan yang akan terbebas dari siksa kubur. Sejatinya, alam kubur adalah halte  pertama yang harus dilewati setelah kematian sebelum manusia  dibangkitkan dihari kiamat nantinya. Jadi setelah mati manusia tidaklah langsung masuk surga/neraka. Dalam kubur ini si hamba akan diberi dulu ‘jaminan’ oleh Allah. Bagi yang taat akan Allah beri jaminan nikmat sebelum si hamba merasakan nikmat yang lebih besar lagi disurga, sedangkan bagi yang durhaka akan Allah beri jaminan siksaan sebelum si hamba merasakan penderitaan yang lebih dahsyat lagi ketika akan di jebloskan ke neraka.

Jadi.. siapakah golongan-golongan yang terbebas dari siksa kubur? berikut pemaparannya :

1. Orang yang mati syahid

Dari Rasyid bin Sa’ad, dari beberapa sahabat nabi, disebutkan bahwa ada seseorang yang bertanya pada Rasulullah.“Wahai Rasulullah , mengapa orang-orang beriman akan diuji dalam kubur, kecuali para syuhada?” Beliau menjawab, “Kilatan pedang yang berkelabat di atas kepala mereka sudah cukup menjadi ujian bagi mereka.”

2. Ribath (berjaga di tapal batas wilayah muslim untuk mencegah serangan musuh) di jalan Allah

Salman mengatakan, ia mendengar Rasulullah  bersabda, “Ribath sehari semalam lebih baik dari puasa dan shalat malam sebulan. Kalau seseorang mati dalam kondisi seperti ini, amalnya akan mengalir dan dicurahkan rizki atasnya serta dijamin bebas dari ujian (kubur).”

3. Meninggal dikarenakan sakit perut

Abu Ishaq As-Syu’aiby berkata, Sulaiman bin Shord berkata kepada Khalid bin Urfathah atau sebaliknya, Khalid berkata kepada Sulaiman, “Apakah kamu mendengar Rasulullah  bersabda, ‘Barangsiapa meninggal karena sakit perut, tidak akan diazab dalam kuburnya’.” Salah seorang dari mereka menjawab, ‘Ya’.

4. Meninggal pada hari Jum’at

Rasulullah bersabda, “Tidak ada seorang Muslim yang meninggal pada hari Jum’at atau malam jumat kecuali Allah pasti akan menjaganya dari fitnah kubur.”

5. Membaca surat Al Mulk

“Sungguh sebuah surat dalam al Qur’an yang ayatnya 30 ayat, (diizinkan) untuk memberi syafa’at bagi seseorang sampai diampuni dosanya, yaitu; surat Tabarak (al Mulk)”. (Tirmidzi berkata: ini hadits yang hasan)

Sebagai tambahan keutamaan-keutamaan surat Al Mulk lainnya ialah…

Sebagian ulama bahkan ada yang mengatakan dalam surah Yasin dan Al Mulk terkandung didalamnya beberapa rahasia dan kelebihan. Barangsiapa mengamalkannya niscaya ia mendapat rahasia – rahasia dan kelebihan-kelebihan itu serta dikasihi oleh semua manusia dan juga hebat pada pandangan makhluk.

Dalam kitab Maraqi Al Ubudiyyah, Syekh Nawawi Al Bantani mengatakan, “sebagian ulama mengatakan siapa yang membaca surat Al Mulk Allah akan memberinya kebaikan untuk dunia dan akhiratnya serta bertambah banyak harta kekayaannya.”

Referensi :

Ar Rafif, Asan Sani. 2014. 1001 Siksa Alam Kubur. Jakarta : Kunci Iman.

https://almanhaj.ordotid/3830-peristiwa-peristiwa-di-alam-kubur.html

https://islamqadotinfo/id/answers/47618/apakah-disunnahkan-membaca-surat-sajdah-dan-mulk-diantara-maghrib-dan-isya-dan-keutamaan-beberapa-ayat-pada-surat-al-anam

https://www.islamposdotcom/siapa-saja-orang-yang-terbebas-dari-pertanyaan-kubur-24797/