Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Salah satu hal yang disunnahkan sejak terbenamnya matahari di hari kamis dan datangnya  hari Jumat adalah membaca surah Al-Kahf. Lalu, apa sajakah keistimewaan dari surah ini? Berikut ulasannya.

  1. Dijaga/dilindungi dari Dajjal bagi yang hafal 10 ayat pertama

Dari Abu Darda’, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Barang siapa hafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahf maka ia akan dijaga/dilindungi dari Dajjal.” (HR. Muslim, Abu Daud, An-Nasa’i dan At-Tirmidzi).

  1. Dijaga/dilindungi dari fitnah Dajjal bagi yang membaca sepuluh ayat terakhir

Dari Abu Darda’, dari Nabi saw., bahwasannya beliau bersabda, “Barang siapa membaca sepuluh ayat terakhir dari surah surah Al-Kahf, maka ia akan dijaga/dilindungi dari fitnah Dajjal.” (HR. Ahmad)

  1. Diberikan cahaya bagi yang membacanya di hari Jumat

Dari Abu Said Al-Khudri r.a. bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Sungguh siapa membaca surah Al-Kahf di hari Jumat, maka baginya cahaya yang terang antara dua Jumat.” (HR. Al-Hakim).

Dalam hadits lain, dalam kitab Maraqi Al Ubudiyyah, Syekh Nawawi Al Bantani, Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam jumat atau siang hari jumat maka ia diberi cahaya dari tempat ia membacanya sampai ke mekah. Diampuni dosanya sampai jumat berikutnya, ditambah 3 hati setelahnya, dan didoakan 70 ribu malaikat sampai pagi , serta dilindungi dari penyakit jantung, radang paru-paru, lepra, belang dan dari fitnah dajjal.”

Demikianlah keistimewaan surah Al-Kahf bagi orang yang mau membaca atau menghafalnya. Semoga bermanfaat

Referensi :

https://bincangsyariahdotcom/kalam/simak-penjelasan-hadis-tentang-tiga-keistimewaan-surah-al-kahfi/