Assalamualaikum Warahmatullahi Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Mungkin terdengar aneh bahwa diakhirat kelak Iblis akan berkhutbah… Tetapi itulah faktanya. Allah telah membocorkannya pada kita semua dalam firmanNya bahwa kelak Iblis akan berkhutbah dengan khutbah yang amat konyol.  Sambil berdiri diatas mimbar yang terbuat dari api, dihadapan orang – orang yang bersamanya akan ke neraka jahannam (Tafsiir At-Thobari 16/563), Ia akan berkhutbah :

“Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: “Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepada kalian janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepada kalian tetapi aku menyalahinya. sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadap kalian, melainkan (sekedar) aku menyeru kalian lalu kalian mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kalian mencerca aku akan tetapi cercalah diri kalian sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolong kalian dan kalian pun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatan kalian yang mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih”.

Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka” (QS Ibrahim : 22-23)

Ia berlepas diri dari para pengikutnya. Ia  tidak mau bertanggung jawab atas godaan-godaannya. Bahkan ia sama sekali tidak mau disalahkan dan dicela. Ia malah menyuruh para pengikutnya untuk mencela diri mereka sendiri.

Yang paling menyedihkan khutbah itu ditutup dengan kalimat, ”. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih”. Neraka itu amatlah pedih tetapi ada yang  lebih pedih dari neraka itu sendiri yaitu mereka yang memasukinya.

Dahsyatnya Api Neraka Jahanam

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa api neraka jahannam 70 kali lipat dibanding api yang ada di dunia

“Api kalian ini yang biasa digunakan oleh manusia untuk membakar hanyalah satu bagian dari tujuh puluh bagian (1/70) panasnya neraka Jahannam.” Sepontan para sahabat berkata: Ya Rasulullah, sungguh demi Allah, api kita ini sudah cukup untuk menyiksa para pelaku kemaksiatan, (mengapa harus dilipat gandakan)? Beliau menjawab:”(tidak) sesungguhnya panasnya api neraka lebih panas dibanding panas api di dunia ini sebanyak enam puluh sembilah kali“. (HR. Muttafaqun ‘alaih).

Demikian pedih azab yang Allah timpakan bagi para pelaku maksiat. Jika Allah menyimpan RahmatNya dalam ketaatan padaNya. Maka ketahuilah Allah juga menyembunyikan MurkaNya dalam kemaksiatan padaNya. Sebagaimana Allah menyimpan kematian dalam umur dan menyimpan laitul qadr dalam bulan ramadhan.

Mari kita berlindung kepada Allah, agar tidak menjadi korban khutbah konyol dari Iblis di akhirat kelak. Aamiin.. Insya Allah

Demikian tulisan hari ini semoga bermanfaat !