PADA bulan suci Rajab telah terjadi sebuah peristiwa besar yang menjadi bukti kebesaran Allah ,yakni peristiwa Isra Mi’raj yang hanya dialami oleh Rasulullah.

Sudah tahukah sahabat as shidiq aqiqah peristiwa – peristiwa penting yang terjadi dalam Isra Miraj? Berikut pemaparannya :

Al-Isra ‘

Isra ‘ atau perjalanan malam, sebuah perjalanan horizontal, yang merupakan perjalanan Nabi dari Masjid al Haraam ke Masjid al Aqsa. Ini adalah perjalanan yang dengan jelas direferensikan dalam Al Qur’an, dalam ayat-ayat yang dikutip di atas.

Al-Mi’raj

Mi’raj secara bahasa adalah suatu alat yang dipakai untuk naik. Adapun secara istilah, Mi’raj bermakna tangga khusus yang digunakan oleh  Nabi untuk naik dari bumi (Baitul Maqdis) menuju ke atas langit (Sidratul Muntaha).

Baitul Ma’mur

Ketika Nabi naik ke langit ketujuh, dia bertemu Nabi Ibrahim as. Nabi melihat Ibrahim menghadap Baitul Ma’mur . Setiap hari 70.000 malaikat pergi ke sana; lalu keluar, dan tidak pernah kembali. Esoknya, 70.000 malaikat lainnya pergi, keluar, dan tidak pernah kembali. Ini akan berlanjut sampai hari kiamat.

Sidratul Muntaha

Sidratul Muntaha adalah pohon yang sangat besar. Lalu Nabi naik ke tempat di luar tujuh langit; Dia memasuki Surga.

Allah berfirman: “Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,(yaitu) di Sidratil Muntaha. Di dekatnya ada surga tempat tinggal. (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar.” (QS An-Najm 13-18)

Perintah Shalat Lima Waktu

Rasulullah telah diberikan diskon ketika Mi’raj yakni sholat yang seharusnya lima puluh waktu diringankan menjadi lima waktu bagi Umat-Nya. Dan hal ini telah dibuktikan dalam sejumlah Hadits.

Tahun duka

Sebelum peristiwa Isra dan Mi’raj, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditinggalkan oleh dua orang yang sangat berperan besar dalam dakwah beliau: Khadijah radhiyallahu ‘anha dan Abu Thalib.

Dalam isra mi’raj Rasulullah bertemu para Nabi

Dalam banyak hadits shahih diterangkan bahwa dalam isra mi’raj Rasulullah bertemu para Nabi. Mereka menyambut dan memuliakan Rasulullah. Sebagai bukti bahwa Rasulullah adalah pelanjut kafilah para Nabi dan penutup mereka.

Dalam isra mi’raj Rasulullah diperlihatkan nikmat surga dan siksa neraka

Dalam perjalanan isra mi’raj itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga diperlihatkan nikmat surga dan azab neraka; yang semakin mengokohkan beliau dalam mengemban dakwah berikutnya.

*Note 50 waktu menjadi 5 waktu

Referensi :

https://www.islamposDOTcom/6-hal-yang-perlu-diketahui-tentang-peristiwa-isra-miraj-80840/

https://bersamadakwahDOTnet/10-fakta-isra-miraj-yang-perlu-anda-tahu/