Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat as shidiq aqiqah.

Sering mendengar hadits , “Senyummu di jawah saudaramu adalah sedekah” ?

Ya, Para ilmuwan memelajari efek senyuman pada orang lain. Mereka menemukan bahwa senyuman mengandung informasi. Informasi kuat yang mampu mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia.

Menurut para peneliti, adakalanya senyuman kita pada orang lain lebih berharga dibanding pemberian yang sifatnya material dengan beberapa alasan berikut :

Pertama, melalui senyuman, kita dapat menghadirkan kebahagiaan di hati orang lain. Ini merupakan satu diantara jenis pemberian yang penting ke orang lain. Sebab, beberapa kesenangan kebahagiaan yang dibutuhkan manusia tidak melulu hanya soal materi. Selain itu, hati yang bahagia tersebut mampu mengobati banyak penyakit terutama gangguan jantung.

kedua, melalui senyum kita juga dapat dengan lebih mudah menyampaikan informasi kepada orang lain. Sebab kata kata yang dibawa oleh senyum memiliki dampak yang lebih besar pada otak, dalam scan melalui MRI terlihat adanya perubahan pada area otak  manusia sangat berbeda jika kita menyamapaikan sesuatu dibawa dengan senyuman.

ketiga, senyum kita bisa menjadi alat untuk mencairkan suasana yang tegang. Ini yang tidak bisa dilakukan oleh uang.

keempat, senyum dan penyembuhan. Banyak dokter mencatat bahwa adanya pengaruh senyum dalam penyembuhan. Senyum kita pada saudara kita bisa menjadi penyejuk hatinya yang mungkin sedang dilanda kesedihan ataupun kemurungan. Secara tidak sadar, kita sedang memberikan pengobatan gratis pada saudara kita tersebut !

Terakhir, senyum pun telah menjadi strategi dan alat canggih perusahaan dalam meningkatkan omsetnya. Hal ini dapat kita jumpai di perusahaan-perusahaan yang memiliki pelayanan customer service. Yang dimana senyum ini memiliki kaitannya dengan masalah pelayanan dan secara tidak langsung pasti berpengaruh pada citra perusahaan tersebut di masyarakat.

Jadi, betapa luar biasanya bukan efek senyum yang Rasulullah sabdakan tersebut sahabat?

Demikian tulisan untuk hari ini semoga bermanfaat

Referensi :

Daem Kaheel, Syaikh Abdel. 2014. Rahasia Sunnah Nabi. Jakarta Timur : Pustaka Al Kautsar.

https://djajendra-motivatordotcom/?p=4699