Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Pada Hari Pendidikan Nasional Kali ini, kami akan membahas 3 fakta menarik tentang Ki Hadjar Dewantara. Apakah saja itu? Berikut pemaparannya :

Nama asli Ki Hadjar Dewantara sebenarnya adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat

Meskipun terkenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara tapi sebenarnya nama aslinya adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Beliau lahir di Yogyakarta pada 2 Mei 1889 dan mulai mengganti namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara sejak tahun 1922 lalu. Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei memang sebenarnya mengikuti hari lahir dari Ki Hadjar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara pernah menjadi seorang wartawan

Perjuangan Ki Hadjar Dewantara di dunia pendidikan rupanya diawali dari karirnya sebagai seorang wartawan. Ia juga sangat aktif mengikuti organisasi sosial dan pernah bergabung dengan Boedi Oetomo pada tahun 1908 lalu.

Kemampuan menulisnya sangatlah handal dan ia pernah menulis Als ik een Nederlander was (Seandainya Aku Seorang Belanda) berisikan sindiran kepada pemerintah Belanda yang memaksa rakyat untuk memberikan uang guna mengadakan perayaan 100 tahun kemerdekaan Belanda dari penindasan Perancis. Hal itu pun membuat Ki Hadjar Dewantara diasingkan ke Belanda dengan Doewes Dekker dan dr. Tjipto

Pencipta semboyan terkenal dari sistem pendidikan

Semboyan yang paling terkenal ciptaan Ki Hadjar Dewantara adalah Ing Ngarsa Sung Tuladho, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani (di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan).

Setelah melakukan perjuangan sejak muda dan merintis pendidikan di Indonesia dengan berbagai cara seperti mendirikan Taman Siswa, Ki Hadjar Dewantara akhirnya menyudahi perjuangannya di usia 70 tahun. Ia meninggal dunia pada 26 April 1959 di Yogyakarta dan dimakamkan di Taman Wijaya Brata.

Nah itulah 3 fakta menarik tentang Ki Hadjar Dewantara ya sahabat.. demikian tulisan kami pada hari ini semoga bermanfaat !

Referensi :

https://www.teen.codotid/read/10344/hari-pendidikan-nasional-ini-3-fakta-bapak-pendidikan-nasional-ki-hadjar-dewantara-yang-harus-diketahui