Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, sahabat As Shidiq Aqiqah.

Petir  identik dengan   fenomena alam yang sering terjadi di musim hujan. Petir akan terlihat sangat terang di langit yang kemudian akan disusul oleh suara menggelegar. Sebetulnya apakah petir itu? Apakah petir hanya fenomena alam biasa yang hanya menandakan hujan deras saja? ataukah petir memiliki makna tertentu atau hikmah yang bisa kita ambil?

Dalam sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Ar ro’du adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah.” (HR. Tirmidzi no. 3117. )

Disebutkan dalam Makarimil Akhlaq milik Al Khoro-ithi, ’Ali pernah ditanya mengenai ar ro’du. Beliau menjawab, ”Ar ro’du adalah malaikat.

Dalam riwayat lain dijelaskan pula,

“Petir adalah malaikat, ditangannya ada alat (cambuk dari api). Apabila malaikat mengangkat alat itu maka akan memancarkan kilat, apabila malaikat membentak maka akan memancarkan petir, dan apabila malaikat memukulkannya (ke awan) maka akan memunculkan suara gemuruh.” (  Ash-Shahihah no.1872)

”Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya.” (Adabul Mufrod no. 722, dihasankan oleh Syaikh Al Albani)

Amalan Ketika Mendengar Petir

Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma tatkala mendengar suara petir, beliau mengucapkan

Subhanalladzi sabbahat lahu

Artinya : Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya

Apabila ’Abdullah bin Az Zubair mendengar petir, dia menghentikan pembicaraan, kemudian mengucapkan,

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih

Artinya : Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.

Mengapa Kita Dianjurkan Untuk Berdoa?

Sejatinya hujan deras yang diturunkan oleh Allah Ta’ala memiliki dua kemungkinan bisa menjadi anugrah atau musibah. Disinilah fungsi doa sebagai penolak bala. Agar hujan yang diturunkan Allah menjadi anugrah bukan musibah. Sebab, dalam Al Qur’an telah Allah jelaskan bahwa  dahulu kaum Ad dan Tsamud Allah  binasakan dengan petirNya. Allah Ta’ala berfirman :

“Jika mereka berpaling maka katakanlah: “Aku telah memperingatkan kamu dengan petir, seperti petir yang menimpa kaum ‘Aad dan Tsamud.” (QS: Fushilat [41]: 13).

Demikian cepatnya mereka dihancurkan oleh petir itu, sehingga mereka hancur lebur , tanpa bekas, seakan-akan mereka tidak pernah ada.

Maka dari itu, mari kita amalkan doa tersebut, dengan doa Insya Allah kita dapat menjadi sebab penduduk bumi mendapatkan rahmat Allah sehingga terhindarlah dari murka Nya.

Allah Ta’ala berfirman :

” Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun. (QS. Al-Anfal: 32-33).

Semoga bermanfaat !

Referensi :

https://muslim.ordotid/18975-doa-ketika-mendengar-petir.html

https://www.instagramdotcom/p/BrRltwtA7ch/

https://rumayshodotcom/684-fenomena-kilatan-petir-dan-geledek-dalam-kacamata-islam.html