Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Jika anak sudah mulai tumbuh besar adalah hal yang penting untuk segera mengajarkan si kecil puasa dibulan ramadhan agar  ia terbiasa hingga besarnya. Mengingat puasa di bulan ramadhan adalah hukum syariat yang si kecil wajib jalani ketika baligh nantinya. Nah.. Berikut adalah tips untuk melatih anak agar biasa terpuasa ya sahabat :

1. Siapkan Makanan Favorit Si Kecil

Untuk melatih si kecil agar mau berpuasa Ayah Bunda sahabat as shidiq aqiqah bisa nih janjiin si kecil kalau misal mau puasa dengan iming-iming dibelikan makanan kesukaannya. Trik yang cukup jitu agar si anak termotivasi untuk berpuasa !

2. Beri Reward

Ayah Bunda juga bisa memberikan reward nih untuk si kecil atas motivasinya untuk berpuasa. Misal dengan menjanjikan si kecil kalau bisa full puasa ramadhan nanti uang THR nya dilebihin ! hehehe…

3. Ceritakan Manfaat Puasa

Ayah Bunda bisa menceritakan kepada si kecil hikmah daripada kita puasa. Misal agar kita bisa lebih memiliki simpati dan empati kepada orang yang kesusahan. Katakanlah pada si kecil ,” Allah tidak marah kalau adek itu tidak kaya, tidak jadi boss kalau bekerja, tidak jadi manager, ataupun tidak jadi tentara kalau gede. Tapi Allah baru akan marah ke adek kalau ada orang kesulitan adek ga mau nolongin. Karena sebaik-baik manusia dihadapan Allah adalah manusia yang bisa membawa manfaat bagi orang lain. :)”

4. Tawarkan Anak Berpuasa Tanpa Memaksa

Ayah Bunda bisa mengajak kepada si kecil mengapa ia harus berpuasa. Ayah Bunda bisa menjelaskan misal ,”Kita harus berpuasa karena puasa adalah bagian daripada rukun islam… Nanti kalau adek gak ayah-bunda ajak puasa dari sekarang Ayah-Bunda takut saat adek udah besar susah untuk puasa. Kalau adek susah puasa nanti Ayah-Bunda  dihukum sama Allah.. Adek gak mau kan Ayah-Bunda dihukum sama Allah karena dedek susah puasa? Ayah-Bunda yakin dedek pasti sayanggg banget sama ayah-bunda jadi pasti ga pengen ayah-bunda dihukum Allah   🙂 ”.

Demikianlah tips dari kami semoga bermanfaat !