Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

“food combining” — adalah pola makan yang diselaraskan dengan ritme sirkardian (mekanisme alamiah tubuh manusia). Metode ini tidaklah membatasi jenis makanan tertentu, namun mengatur kombinasi makanan sehingga sesuai dengan kemampuan dan siklus pencernaan tubuh.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai food combining yang diajarkan oleh Rasulullah dalam Kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al Ghazali, Al Hujjatul Islam (Orang Yang Mampu Menghafal Hadits sebanyak 300 Ribu Hadits). Apa saja itu? berikut pemaparannya :

1. Buah -Buahan Favorit Rasulullah

Rasulullah suka makan buah melon dengan kurma dan garam. Buah-buahan yang paling disukainya adalah kurma, semangka dan anggur dan adakalanya beliau memakan buah anggur yang masih bertangkai sampai air dari buah anggur itu menetes pada jenggotnya bagaikan mutiara.

2. Makanan Yang Paling Banyak Disantap Rasul

Makanan yang paling banyak disantap Rasul adalah buah kurma dan air. Dan beliau sering mencampurkan air susu dan buah kurma, beliau menamakan keduanya dengan sebutan athayabain (dua makanan yang terbaik). (Pengalaman penulisan dalam mengamalkan pola makan air susu dan buah kurma dengan jumlah bilangan ganjil sangat bagus bagi ayah/bunda yang sedang dalam program diet. Cepat menurunkan berat badan jika juga diniatkan sekaligus sebagai program ibadah puasa sunnah, karena mampu mengenyangkan perut dalam waktu lama tanpa tersiksa dengan rasa lapar).

3. Makanan Yang Paling Disukai Rasulullah

Rasulullah sangat menyukai daging. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda,

“Daging dapat menambah tajam pendengaran, dan daging merupakan makanan yang paling utama didunia dan akhirat. Seandainya aku meminta kepada Tukanku agar Dia memberiku makan daging setiap harinya, tentulah Dia mengabulkanku”

4. Hobi memakan Tsarid

Rasulullah juga menyukai memakan tsarid (makanan yang terbuat dari campuran roti yang di potong kecil-kecil dengan kuah daging) dengan daging dan buah labu, beliau suka memakan buah labu dan mengatakan bahwa buah labu adalah pohon saudaraku, Nabi Yunus Alaihissalam.

5. Menyukai Korma Ajwah

Rasulullah mendoakan keberkahan bagi buah korma ajwah dan mengatakan bahwa buah ajwa itu berasal dari surga dan dapat menjadi penawar racun dan sihir.

Bahkan dalam sebuah hadits Rasulullah pernah bersabda,

Dalam ajwah Aliyah yang dimakan di pagi hari, akan menjadi obat dari setiap sihir dan racun. (HR. Ahmad 24735 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

Demikian Tulisan kami pada hari ini. Semoga bermanfaat. Tunggu tulisan Belajar Food Combining Dari Rasulullah (Part 2) minggu depan…

Referensi :

Al Ghazali, Imam. 2016. Ihya Ulumuddin. Bandung :  Sinar Baru Algensindo.

https://konsultasisyariahdotcom/30882-hoax-khasiat-kurma-ajwah.html