Sahabat As Shidiq Aqiqah

Bila sahabat sedang hamil dan ingin makan di restoran, ada lho, restoran yang menyajikan makanan yang mentah atau kurang matang. Ingat Bun makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan janin keracunan bakteri seperti listeria dan salmonella. Oleh karenanya coba lebih waspada ketika ingin memakan makanan berikut :

1. Sushi

Makanan mentah, berbahaya bagi ibu hamil. Karena itu sebaiknya bunda tidak ke restoran sushi dulu selama hamil. Atau tetap ke sana, tapi pesan menu yang matang-matang saja. Pasalnya, ikan mentah berbahaya bagi ibu hamil maupun janinnya. Di dalam ikan mentah yang biasanya melengkapi sushi, umumnya terdapat kandungan merkuri yang bila dikonsumsi berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf dan  otak janin. Selain itu listeria, parasit ikan mentah, bisa membuat wanita hamil sakit dan juga berpotensi membahayakan kesehatan bayi.

2. Steak

Jika bunnda ingin mengonsumsi steak, pastikan pesan steak well done atau yang dimasak dengan sempurna dan matang ke seluruh bagian ya, bunda! Bila tidak suka steak yang dimasak seperti ini karena cenderung keras dan tidak juicy, mungkin bunda perlu menghindari restoran steak sekaligus selama menyandang status ibu hamil. Sebab, daging yang tidak matang sempurna atau setengah matang juga berbahaya untuk bunda.

3. Ayam Bakar

Sama seperti daging, ayam yang tidak dimasak benar-benar matang juga berbahaya untuk ibu hamil maupun janin di perutnya. Bahkan, ayam diketahui memiliki bakteri yang lebih jahat dibandingkan dengan daging sapi. Bagaimana bila minta ayamnya dibakar sampai betul-betul matang? Tetap waspada, bun. Pasalnya, ayam yang dibakar hingga betul-betul matang umumnya akan membuat sebagian kulitnya menghitam gosong. Area hitam gosong ini mengandung senyawa karsinogen yang juga tidak sehat untuk dikonsumsi, bahkan dapat meningkatkan risiko kanker.

Referensi :

https://kumparan com/@kumparanmom/5-restoran-yang-sebaiknya-dihindari-oleh-ibu-hamil-1rTMRXvyvf7
https://kumparan com/babyologist/10-makanan-terbaik-untuk-ibu-hamil-1r3xwc5ggkf