Sahabat as shidiq aqiqah, wajib tahu 7 peristiwa penting asyuro, sebab dengan mengetahui peristiwa – peristiwa penting ini diharapkan agar dapat menambahkan keimanan kita sebagai seorang muslim. Dilansir harakahislamiyah, berikut adalah

7 Peristiwa Penting Asyuro, Wajib Tahu

1. Nabi Yunus Keluar Dari Perut Paus

Hari Asyuro merupakan hari dimana Allah menyelamatkan Nabi Yunus dari perut Ikan Paus yang menelannya setelah sekian lamanya

2. Nabi Ibrahim Selamat Dari Siksaan  Namrud

Hari Asyuro juga merupakan hari dimana Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksaan Raja Namrud yang membakarnya hidup-hidup dalam kobaran api. Berkat pertolongan Allah SWT, api yang membakar jasad Nabi Ibrahim berubah menjadi sejuk layaknya es.

3. Nabi Ayyub Disembuhkan

Hari Asyuro adalah hari dimana Nabi Ayyub AS disembuhkan Allah dari penyakit yang lama diidapnya, yang membuat dirinya ditinggalkan keluarga beserta seluruh harta bendanya.

4. Berlabuhnya Kapal Nabi Nuh

Hari Asyuro merupakan hari berlabuhnya kapal Nabi Nuh AS di bukit Zuhdi dengan selamat setelah dunia dilanda banjir bandang yang membinasakan kaumnya, termasuk anaknya tercinta.

5. Nabi Yusuf Keluar Dari Penjara

Hari Asyuro merupakan hari pembebasan Nabi yusuf keluar dari penjara setelah dituduh melakukan perzinahan. Keluarnya nabi yusuf pun menjadi pintu awal menuju singgasana kerajaan.

6. Nabi Musa Selamat Dari Fir’aun

Dalam peristiwa asyuro ini, Nabi Musa AS dan umatnya selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Beliau dan umatnya yang berjumlah sekitar lima ratus ribu orang selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

7. Nabi Adam Bertaubat

Pada hari asyuro inilah diterimanya tobat Nabi Adam AS setelah dikeluarkan dari surga karena mengabaikan perintah Allah SWT untuk tidak memakan buah khuldi.