Assalammualaikum Warahamtullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Benarkah Valentine Hari Kasih Sayang? Banyak kalangan pasti sudah mengenal hari valentine. Hari tersebut dirayakan sebagai suatu perwujudan cinta kasih seseorang.

Benarkah Valentine Hari Kasih Sayang?

Sejatinya kita harus mengetahui dulu sejarah hari valentine itu sendiri, dikutip dari rumayshodotcom, Dahulu Kaisar Claudius II menganggap tentara muda bujangan dianggap lebih kuat mentalnya dalam medan peperangan daripada orang yang menikah. Kaisar lalu melarang para pemuda untuk menikah, namun Santo Valentinus melanggarnya dan diam-diam menikahkan banyak pemuda sehingga iapun ditangkap dan dihukum gantung pada 14 Februari 269 M

Sore hari sebelum Santo Valentinus gugur sebagai martir (mati sebagai pahlawan karena memperjuangkan kepercayaan), ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang tertulis “Dari Valentinusmu”.

Selain itu, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan momen tersebut menjadi Hari Perayaan Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati St. Valentine yang kebetulan mati pada 14 Februari .

Dari penjelasan diatas dapat kita lihat bahwa Valentine’s Day berasal dari upacara keagamaan Romawi Kuno yang penuh dengan paganisme dan kesyirikan. Pada perkembangannya di zaman modern saat ini, perayaan valentine disamarkan dengan dihiasi nama “hari kasih sayang”.

Allah Ta’ala berfirman :

“Iblis berkata: “Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka memandang baik (perbuatan maksiat) di muka bumi, dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,.” (Al Hijr Ayat 39)

Ya, syaitan telah bersumpah untuk menjerumuskan manusia dengan membuat keburukan terasa indah, salah satunya dengan merubah casing nama kemaksiatan dengan nama-nama lain. Misal, Khamr dengan whiskey, Homo dengan LGBT, Riba dengan Bunga, Hari Zinah Internasional dengan istilah Hari Kasih Sayang.

Hati-hati dengan segala perbuatan yang kita lakukan sahabat.. sebab semua akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah kelak.

Allah Ta’ala berfirman :

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.“ (Al Isra Ayat 36)

Demikian tulisan hari ini, semoga bermanfaaat Sahabat As Shidiq Aqiqah !

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

https://rumayshodotcom/772-6-kerusakan-hari-valentine.html