DOSA BAGI PARA PELAKU PENIMBUN – Ayah dan bunda sahabat as shidiq aqiqah , Tradisi penimbunan tersebut memberikan konsekuensi logis terhadap harga komoditas tersebut. Sebagaimana hukum pasar, ketika suatu komoditas yang beredar di pasar lebih sedikit tidak sesuai dengan permintaan maka harganya pasti lebih tinggi, dibanding ketika komoditas tersebut beredar sesuai dengan permintaan pasar/konsumen atau malah lebih. dilansir dari nu.or.id

Tradisi penimbunan tersebut memberikan konsekuensi logis terhadap harga komoditas tersebut. Sebagaimana hukum pasar, ketika suatu komoditas yang beredar di pasar lebih sedikit tidak sesuai dengan permintaan maka harganya pasti lebih tinggi, dibanding ketika komoditas tersebut beredar sesuai dengan permintaan pasar/konsumen atau malah lebih.

dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda, “Siapa yang suka menimbun makanan orang-orang Islam, maka Allah akan mengutuknya dengan penyakit kusta dan kebangkrutan.” (HR Ibnu Majah, sanad hadit ini hasan)

Alasan hukum haramnya menimbun barang yang digunakan oleh para ulama adalah adanya kesengsaraan (al-madlarrah), di mana dalam menimbun ada praktik-praktik yang menyengsarakan (al-madlarrah) orang lain, yang hal tersebut tidak sejalan dengan tujuan syari’at Islam yaitu menciptakan kemaslahatan (tahqîq al-mashâlih) dengan langkah mendatangkan kemanfaatan (jalbul manfa’ah) dan membuang kesengsaraan (daf’ul madlarrah). Apalagi kalau diperhatikan perbuatan menimbun merupakan hanya berupaya mencari keuntungan bagi dirinya sendiri diatas penderitaan orang lain. Para ulama juga banyak pendapat, bahwa yang haram ditimbun bukan hanya barang/komoditi makanan pokok sehari-hari suatu penduduk saja, melainkan komoditi yang kalau hal tersebut sulit didapatkan maka hal itu bisa menyebabkan kesengsaraan bagi orang banyak. Malah ulama Malikiyah berpendapat bahwa haramnya menimbun tidak hanya pada bahan pokok saja melainkan semua barang. Dan dalam kitab Fathul Mu’in yang dinukil dari al-Ghazali diistilahkan dengan “mâ yu’în ‘alaih” yaitu setiap komoditi/barang yang dibutuhkan.

ARTIKEL : DOSA BAGI PARA PELAKU PENIMBUN . BACA JUGA :

SEMOGA WABAH CORONA SEGERA BERAKHIR

tags : jasa aqiqah , paket aqiqah , dosa menimbun