Ibunda Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Sebagian dari ibunda mungkin pernah ada yang mengalami drama ketika menyusui  si kecil.  Dari yang payudara lecet, asih  mampet, terus sampai terkadang merasakan nyeri bengkak yang luar biasa karena susu asi susah untuk keluar. Ada juga bunda yang sampai  nangis kesakitan karena si kecil melukai payudara bunda. Wah pokoknya ada – ada aja deh drama ibu menyusui.

Jangan sedih ya bun.. sesungguhnya ada pahala besar yang siap menanti bunda-bunda yang ikhlas menyusui si kecil lohhh…  Syeikh Nawawi Albantani dalam kitabnya yang berjudul Syarh Uqud Al Lujjain Fi Bayani Huquq Az Zaujain menjelaskan bahwa Rasulullah bersabda,

“…Tiap tetes ASI yang keluar dan tiap hisapan bayi dari payudaranya bernilai pahaa kebaikan. Bahkan, jika dia (si ibu hamil) begadang semalaman maka dia mendapatkan pahala seperti pahala memerdekakan 70 budak di jalan Allah (dalam rangka taat kepada Allah) secara ikhlas (tanpa riya).” (HR Thabrani dan Ibnu Asakir)

Al Minawi menjelaskan bahwa jumlah 70 yang dimaksud disebutkan dalam hadis ini menunjukkan banyaknya pahala, sama seperti seorang istri dari kalangan budak beriman yang mengandung anak tuannya.

So, mengingat pahalanya yang begitu gede semoga bisa menjadi obat rasa lelah dan sakit bunda dalam menyusui yahhh.. semangat !!