Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Hati – Hati Buat Dosa Dibulan Rajab, Banyak Kombonya

Alhamdulillah sejak 8 Maret 2019, Kita telah memasuki bulan Rajab, Bulan Haram (Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab) yang dimana kita diperintah oleh Allah untuk memperbanyak amal-amal saleh dan melarang diri kita untuk berbuat maksiat. Dalil bahwa dibulan ini kita diperintahkan untuk lebih banyak beramal dan menghindari maksiat  adalah sebagai berikut :

Imam Al Qurtubi dalam tafsirnya mengatakan ,”Perbuatan dosa di bulan haram hukumannya dilipat gandakan, sebagaimana pahala amal sholih dilipat gandakan. (Tafsir Al-Qurtubi 8/68)

Sufyan Ats Tsauri mengatakan, “Pada bulan-bulan haram, aku sangat senang berpuasa di dalamnya.” (Latho-if Al Ma’arif, hal. 214)

Ibnu ’Abbas mengatakan, “Allah mengkhususkan empat bulan tersebut sebagai bulan haram, dianggap sebagai bulan suci, melakukan maksiat pada bulan tersebut dosanya akan lebih besar, dan amalan sholeh yang dilakukan akan menuai pahala yang lebih banyak.” (Latho-if Al Ma’arif, hal. 207)

Namun demikian, bukan berarti dibulan lain kita boleh bermaksiat dan tidak beramal sahabat as shidiq aqiqah. Sejatinya dibulan Haram ini Allah sedang memotivasi kita untuk lebih giat untuk beramal dan menjaga diri dari perbuatan maksiat. Karena dibulan ini banyak kombonya! Hari ini berbuat kebaikan bisa saja esok harinya sahabat as shidiq aqiqah merasakan manfaatnya dengan balasan yang berlipat ganda. Demikian pula  jika sahabat as shidiq aqiqah berbuat maksiat, bisa dua kali lipat atau lebih balasannya dari Allah, dan  mungkin kontan pula  balasannya!

Oleh karenanya, sungguh merugi jika kita beramal dengan amalan yang biasa – biasa saja dibulan ini. Jika beramal dengan amalan yang biasa-biasa saja terasa rugi apalagi jika bulan ini justru  kita  isi dengan kemaksiatan. Naudzubillah…

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

https://konsultasisyariahdotcom/31418-adakah-keutamaan-bulan-rajab.html

https://rumayshodotcom/10858-puasa-bulan-rajab-karena-bulan-haram.html