Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Mimin mau share nih sedikit hikmah

Hikmah Gerakan Sujud, Duduk Diantara 2 Sujud, Dan Bangkit Dari Sujud sahabat.

Syekh Nawawi Albantani dalam Kitab Tanqih Al Qaul menjelaskan bahwa ketika seorang hamba bersujud dalam sholatnya seolah ia berkata ,”Dari tanah ini Engkau menciptakanku.” ketika ia duduk diantara dua sujud seolah ia berkata,”Dari tanah ini Engkau mengeluarkanku.” Ketika ia sujud kembali seolah ia berkata,” Kedalamnya Engkau kembalikan aku.” Ketika ia berdiri seolah ia berkata,” Dari tanah Engkau membangkitkan aku di waktu yang lain.”

Kita ini dulu berasal dari air mani. Air mani itu sendiri komposisi terbentuknya juga berasal dari saripati tanah. Apa yang dimakan dari tanah seperti sayur-sayuran itu juga nanti yang membentuk kandungan air mani

Setelah itu Allah menjadikan kita sebagai manusia dengan sebaik – baik bentuk. .
Tapi janganlah lupa bahwa setiap yang hidup sesungguhnya Allah telah vonis mati. Hanya saja kita tidak tahu kapan, sebab kematian adalah perkara yang ghaib. Oleh karenanya ketika kita bersujud kembali seolah kita sedang diingatkan akan kembali ke tanah untuk mempertanggungjawabkan apa yang kita lakukan.

Dari tanah itu Allah mengeluarkan kita dan membangkitkan kita kembali dihari kiamat. Dan kondisi bangkit itu nanti tergantung pada amal saleh kita didunia

Coba dalami makna gerakan sholat ini sehingga dapat menghadirkan kekhuyusan dalam hati.

“Perbedaan pahala sholat sesuai dengan perbedaan orang-orang yang sholat berdasarkan kekhusyu’an dan tadabbur (bacaan sholat) dan yang semisalnya dari perkara-perkara yang mendatangkan kesempurnaan sholat” (Faidhul Qodiir 2/422)

Baca Juga

Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
Persalinan Normal? Hindari 5 Hal Ini Bunda
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu