Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Dikutip dari doktersehatdotcom, Seorang anak digolongkan anak lambat bicara jika umurnya sudah mencapai 2 atau 3 tahun tapi belum juga bisa berbicara dengan lancar atau hanya bisa mengucapkan potongan kata saja.

Kenali Penyebab Anak Telat Berbicara

Anak yang mengalami keterlambatan bicara sebenarnya memiliki sosial-emosional dan perkembangan intelegensi yang normal seperti anak lainnya. Tapi perlu diketahui, masalah anak terlambat bicara dialami 5-10 persen anak-anak usia prasekolah dan cenderung lebih sering dialami anak laki-laki ketimbang perempuan.

Nah.. Berikut adalah penyebab anak terlambat bicara yang harus Anda ketahui, di antaranya:

  1. Mengalami hambatan pendengaran

Anak terlambat bicara yang pertama bisa disebabkan karena gangguan pendengaran. Bila anak mengalami kesulitan dalam pendengaran, secara otomatis hal itu menyebabkan anak kesulitan meniru, memahami, dan menggunakan bahasa. Masalah pendengaran pada anak biasanya disebabkan adanya infeksi telinga

  1. Hambatan perkembangan otak

Anak terlambat bicara berikutnya, biasanya terdapat gangguan pada daerah oral-motor di otak yang mengakibatkan ketidakefisienan hubungan di daerah otak yang berperan untuk menghasilkan bicara. Kondisi ini dapat menyebabkan anak kesulitan menggunakan bibir, lidah, dan rahang untuk menghasilkan bunyi.

  1. Adanya masalah keturunan

anak terlambat bicara juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan? Meski belum ada penelitian yang bisa membuktikan kebenarannya, tapi biasanya anak lambat bicara ternyata memiliki riwayat keluarga yang mengalami gangguan yang sama.

  1. Minimnya komunikasi

Interaksi dan komunikasi antara orang tua dengan anak bisa menstimulasi anak untuk memperbanyak kosa katanya. Sayangnya, beberapa orang tua tidak menyadari jika cara berkomunikasi mereka berpengaruh terhadap perkembangan anak.

  1. Faktor tontonan

Anak yang sering menonton televisi akan menjadi pendengar yang pasif, karena anak hanya menerima tanpa harus mencerna dan memproses informasi yang masuk. Menonton televisi juga bisa membuat anak menjadi traumatis jika menyaksikan tayangan yang berisi adegan perkelahian, kekerasan, dan seksual.

  1. Gejala autisme

Anak terlambat bicara juga bisa disebabkan oleh autisme. Gejalanya dapat terlihat dari cara anak berinteraksi dan berkomunikasi. Sekitar 80-90% penderita, mulai menampakkan gejala saat usia 2 tahun. Pada kasus yang jarang terjadi, gejala autisme bisa tampak saat usia 1 tahun atau baru muncul setelah beranjak dewasa.

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
Persalinan Normal? Hindari 5 Hal Ini Bunda
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

https://doktersehatdotcom/penyebab-dan-cara-mengatasi-anak-terlambat-bicara/

https://doktersehatdotcom/beda-otak-anak-laki-laki-dan-perempuan/

https://doktersehatdotcom/beda-otak-anak-laki-laki-dan-perempuan/