Sahabat as shidiq aqiqah,

Alhamdulillah, kita sudah berada di tanggal 5 bulan Dzulhijah ya sahabat. Bulan mulia dengan berbagai amalan mulia terdapat di dalamnya. Mengapa bulan dzulhijjah dikatakan bulan yang mulia? Lantas apa saja amalan utama yang bisa kita amalkan di awal-awal Dzulhijah?

Keutamaan Bulan Dzulhijjah, Catat Baik – Baik !

keutamaan beramal di sepuluh hari pertama Dzulhijah diterangkan dalam hadits Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma berikut,

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah).” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.

Selain hadits diatas, Dalil lain yang menunjukkan keutamaan 10 hari pertama Dzulhijah adalah firman Allah Ta’ala, “Dan demi malam yang sepuluh.” (QS. Al Fajr: 2). Di sini Allah menggunakan kalimat sumpah. Ini menunjukkan keutamaan sesuatu yang disebutkan dalam sumpah.

Makna ayat ini, ada empat tafsiran dari para ulama yaitu: sepuluh hari pertama bulan Dzulhijah, sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, sepuluh hari pertama bulan Ramadhan dan sepuluh hari pertama bulan Muharram. Malam (lail) kadang juga digunakan untuk menyebut hari (yaum), sehingga ayat tersebut bisa dimaknakan sepuluh hari Dzulhijah. Ibnu Rajab Al Hambali mengatakan bahwa tafsiran yang menyebut sepuluh hari Dzulhijah, itulah yang lebih tepat. Pendapat ini dipilih oleh mayoritas pakar tafsir dari para salaf dan selain mereka, juga menjadi pendapat Ibnu ‘Abbas.

Amalan apa saja yang dapat dilakukan ? ada banyak amalan yang dapat dilakukan seperti memperbanyak puasa sunnah di bulan dzulhijjah, dzikir, bersedekah, shalat sunnah qobliyah badiya, duha, tahajud dan witir di malam harinya.

Sebab termasuk orang yang merugi menjalani bulan dzulhijjah dengan amalan yang biasa – biasa saja. Apalagi malah diisi dengan maksiat.

Ibnu abbas mengatakan melakukan maksiat pada bulan haram (dzulhijjah didalamnya) dosanya berkali lipat dan amal saleh dibulan tersebut pahalanya lebih besar. (Latho-lf al ma’arif).

Baca Juga

Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
Persalinan Normal? Hindari 5 Hal Ini Bunda
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu