Sahabat as shidiq aqiqah,

Mungkin ada yang bertanya tanya, apa balasan yang Allah berikan bagi wanita yang hamil, melahirkan hingga menyusui dalam islam? Syekih Nawawi Albantani dalam kitabnya yang berjudul Syarh Uqud Al Lujjain Fi Bayani Huquq Az Zaujain menjelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda, ” ….Wahai Fatimah,  Jika seorang istri mengandung anak diperutnya, maka para malaikat akan memohonkan ampun untuknya, dan Allah akan mencatat seribu kebaikan setiap hari untuknya serta menghapus seribu dosanya. Lalu jika dia merasa sakit ketika melahirkan, maka Allah akan mencatatkan pahala untuknya seperti pahalanya para mujahid di jalan Allah. Jika dia melahirkan, maka seluruh dosanya akan terhapus, seperti di hari dia dilahirkan oleh ibunya.”

Dalam hadits lain,

“…Tiap tetes ASI yang keluar dan tiap hisapan bayi dari payudaranya bernilai pahaa kebaikan. Bahkan, jika dia (si ibu hamil) begadang semalaman maka dia mendapatkan pahala seperti pahala memerdekakan 70 budak di jalan Allah (dalam rangka taat kepada Allah) secara ikhlas (tanpa riya).” (HR Thabrani dan Ibnu Asakir)

Al Minawi menjelaskan bahwa jumlah 70 yang dimaksud disebutkan dalam hadis ini menunjukkan banyaknya pahala, sama seperti seorang istri dari kalangan budak beriman yang mengandung anak tuannya.

Jadi itulah ganjaran pahala bagi bunda yang bersusah payah dalam mengandung, melahirkan hingga menyusui anak. Masya Allah, luar biasa bukan pahalanya ? Minat nambah anak lagi ayah bunda setelah membaca?Gapapa toh untuk investasi akhirat kan… hehehe