Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai amalan-amalan yang dapat kita lakukan ketika mendengar saudara satu aqidah kita meninggal dunia. Apa sajakah itu? berikut pemaparannya :

1. Meringakankan Beban Keluarga Si Mayit

Ketika ada saudara semuslim kita meninggal dunia kita dapat meringankan mereka dengan bantuan dana hingga memberikan makanan kepada keluarga si mayit. Kita juga bisa ikut menemai sebagai teman cerita untuk meringankan bebannya. Mengingat orang yang sedang dirundung musibah biasanya pikirannya suka ‘blank’.

2. Ikut Menyolatkan

Kita juga bisa membantu dengan ikut menyolatkan. Ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan dari menyolatkan jenazah loh sahabat yakni :

“Apabila seorang ahli surga meninggal Allah malu untuk menyiksa orang yang mengusung jenazahnya dan menyolatkannya.” (HR Ad Dailami)

keutamaan lainnya :

Barangsiapa mensholatkan jenazah, maka baginya pahala satu qirath, dan siapa yang mengantarnya hingga jenazah itu di letakkan di liang kubur, maka baginya pahala dua qirath.”

“Ya Abu Hurairah, seperti apakah dua qirat itu?” Tanyaku.

Beliau menjawab, “Seperti gunung Uhud.” (HR. Muslim)

3. Ikut Mengantar Jenazah Khusus Laki Laki

Selain itu, manfaat lain dari mengantar jenazah yakni  ,”Sesungguhnya balasan yang pertama kali diberikan seorang mukmin sesudah kematiannya adalah diampuninya dosa semua orang yang mengantarkan jenazahnya.” (HR Al Baihaqi) . Khusus untuk perempuan mengantar jenazah makruh

4. Mendoakan

Doakanlah dengan doa yang baik untuk si mayit, dalam sebuah hadits dijelaskan,

” Siapa yang mendengar kematian seorang muslim lalu ia mendoakannya dengan kebaikan. Maka Allah catat baginya pahala semisal dengan orang yang menjeguknya semasa hidup dan mengantarkan jenazahnya” (HR Ad Daruquthni)

Referensi :

Kitab Nashoihul Ibad, Syekh Nawawi Al Bantani

https://konsultasisyariahdotcom/34905-pahala-shalat-jenazah-dapat-dua-qirath.html

https://konsultasisyariahdotcom/764-bolehkah-wanita-mengantar-jenazah.html