( Manfaat Tahnik Yang Jarang Diketahui ) – Sahabat as shidiq aqiqah Pernah mendengar istilah tahnik ? Ya istilah inilah mulai mulai familiar di Indonesia seiring dengan meningkatkanya dakwah sunnah di Indonesia.  Sudah tahukah ayah bunda bahwa tahnik ini adalah salah SATU sunnah nabi yang ditekankan ketika menyambut kelahiran si kecil ?

Dari Aisyah Radhiyallahu anhuma , ia berkata, “Ada bayi laki-laki yang dibawa kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , lalu Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam mentahnîknya. Kemudian bayi itu kencing dipangkuan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam . Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memercikkan air di atas kencing tersebut.” [HR. Al-Bukhâri no. 5468 dan Muslim no. 286. Lafazh hadits ini adalah lafazh al-Bukhâri].

Sepakat para ahli fikih menyatakan waktu tahnîk bayi itu dilakukan disaat bayi baru lahir. Adapun manfaat tahnik itu begitu banyak, seperti menguatkan menyusu pada bayi, menguatkan makannnya, harapan akan iman, dan jika dikunyah oleh orang saleh harapannya agar si anak mendapat berkah dari kesalehannya.

Artikel : Manfaat Tahnik Yang Jarang Diketahui. Baca juga :