Sahabat as shidiq aqiqah,

Kita sering mendengar kata syukur, Dan  mungkin hanya tahu bahwa bersyukur itu hanyalah mengucap hamdalah ketika diberi rezeki oleh Allah. Tahukah sahabat bahwa makna syukur itu amatlah luas?

Imam Alghazali menjelaskan bahwa syukur terdiri dari tiga hal :

Pertama, Dengan Hati. Yakni cara bersyukur dengan memendam rasa kebaikan dengan semua makhluk dan menghadirkan Allah dalam setiap dzikirnya dihati.

Kedua, Dengan lisan. Yakni bersyukur dengan mengucapkan berbagai puji syukur yang menunjukkan rasa terimakasih kepada Allah.

Ketiga, Dengan Anggota Tubuh. Yakni bersyukur dengan cara menggunakan anggota tubuh untuk kebaikan dan menghindarkannya dari perbuatan maksiat.

Dari pemaparan Imam Ghazali ini, sudahkah kita bersyukur secara kaffah (menyeluruh) ? kira – kira level syukur kita sudah sampai manakah ? Kita yang lebih tahu.  Allah Ta’ala berfirman :

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih’” (QS. Ibrahim: 7).

Jadilah hamba yang bersyukur maka Allah akan tambah nikmat Nya pada kita.