Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Orangtua yang cuek membawa bayi atau anak-anak yang usianya masih sangat kecil untuk nonton film ke bioskop secara tidak sadar berperan meningkatkan risiko  gangguan pendengaran bayi secara permanen.

Sistem suara canggih yang ditemukan hampir di semua bioskop terkemuka bisa mengeluarkan volume suara hingga mencapai 85 desibel (dB), bahkan jika hanya sebatas suara percakapan standar. Belum menghitung kenaikan desibel yang bisa berkali-kali lipat saat aktor berteriak, atau dari suara tembakan hingga ledakan.

Dokter anak Ahed Bisharat mengatakan bahwa suara di atas 85 dB sangat berbahaya bagi telinga bayi. Bayi memiliki indera pendengaran yang sensitif, dan ia pun sangat memerhatikan suara-suara yang berada di sekitarnya. Suara pada tingkat desibel tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada telinga bayi bagian dalam, khususnya koklea. Koklea berfungsi untuk memproses bunyi sehingga bisa terdengar oleh si empunya tubuh.

Menurut American Academy of Pediatrics, tingkat kebisingan yang melebihi 45 desibel pada bayi perlu menjadi perhatian khusus, dan beberapa film seperti film aksi dapat memiliki tingkat kebisingan 90 desibel. Volume suara di atas 100 desibel selama 15 menit dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen pada anak.

Durasi kebisingan dan seberapa sering bayi terpapar suara keras dari waktu ke waktu juga merupakan faktor pemicu gangguan pendengaran bayi.

Seringnya mengekspos bayi atau anak kecil dengan suara keras dan tidak mengenakan pelindung telinga, seperti sumbat telinga, akan menyebabkan gangguan pendengaran bayi.

Selain itu, suara bising yang anak terima secara terus-menerus juga dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang diperlukan untuk pendengaran dan persepsi ucapan. Ini dapat membahayakan proses tumbuh kembang anak di masa depan.

Referensi :

https://hellosehat com/parenting/tips-parenting/bagaimana-pendengaran-bayi-di-usia-6-12-bulan/
https://hellosehat com/hidup-sehat/tips-sehat/suara-terlalu-keras-merusak-telinga/
https://hellosehat com/hidup-sehat/tips-sehat/memakai-earplug-di-konser-musik/