Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Dalam sebuah hadits dijelaskan  “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah  dan bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak saya hormati?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang tersebut bertanya lagi, “Lalu siapa?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Setelah itu siapa?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang tersebut bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Akhirnya Rasulullah pun menjawab, “Kemudian ayahmu,” (HR. Muslim & Bukhari)

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya mengapa Rasulullah menyebutkan bakti kepada Ibu sebanyak tiga kali ? Ternyata ada pesan rahasia loh dari Rasulullah mengapa  menyebutkannya sebanyak tiga kali. Menurut para ulama sebab seorang ibulah yang mengalami lelah dan sakitnya saat mengandung, melahirkan, dan menyusui. kita.

Ketika seorang ibu mengandung ia akan mengalami banyak gangguan seperti mudah lelah,  mual , dan emosi yang tidak stabil. Penderitaan berikutnya, Fase kedua,  ialah ketika ibu harus merasakan sakitnya ketika melahirkan hingga mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan kita. Fase ketiga, ialah ketika ibu harus berjuang menyusui anak hingga berumur 2 tahun. Menyusui bukanlah hal yang mudah sebab seringkali juga akibat menyusui si anak dapat melukai payudara ibu.

Dari pemaparan diatas dapat dilihat bahwa ada 3 fase penderitaan yang sang ibu alami. Fase- fase tersebut juga bukanlah waktu yang sebentar dan ringan untuk dihadapi loh. Jadi wajar ya sahabat kalau kita lebih banyak dituntut baktinya kepada ibu dari ayah.

Referensi :

https://www.islamposdotcom/rasulullah-sebut-ibu-3-kali-daripada-ayah-kenapa-337/