Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Memasuki bulan syawal alangkah baiknya kita melakukan puasa syawal sahabat. Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)

Lagipula tidak rugi pula kan kita puasa syawal, menguatkan kembali tubuh kita agar bugar untuk ibadah pasca petis, rendang, dan opor menyerang. hehehe…. Tidak dapat dipungkiri  badan yang terlalu banyak diisi makanan bisa menyebabkan diri malas untuk bergerak terutama gerak untuk ibadah. Jadi ada hikmahnya bukan Puasa Syawal begitu disunnahkan bagi kita? hehehe

Apakah Harus Urut Pelaksanaannya?

Imam Nawawi dalam Syarh Muslim, 8/56 mengatakan, “Para ulama madzhab Syafi’i mengatakan bahwa paling afdhol (utama) melakukan puasa syawal secara berturut-turut (sehari) setelah shalat ‘Idul Fithri. Namun jika tidak berurutan atau diakhirkan hingga akhir Syawal maka seseorang tetap mendapatkan keutamaan puasa syawal setelah sebelumnya melakukan puasa Ramadhan.”

Kalau ada hutang gimana? Para ulama mengatakan kalau ada hutang dibulan ramadhan dahulukan dulu hutang baru kemudian puasa syawal ya sahabat. Sebab sesuai kaidah fiqih yang wajib harus didahulukan dari yang sunnah.

Demikian tulisan kami pada hari ini semoga bermanfaat !

Referensi :

https://rumayshodotcom/521-jangan-lupa-lakukan-puasa-syawal.html

http://muslim.ordotid/fiqh-dan-muamalah/puasa-syawal-puasa-seperti-setahun-penuh.html