Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Rahasia Ilmiah Hadits Berkata baik adalah sedekah

Tahukah sahabat perkataan yang baik ternyata dapat mempengaruhin otak manusia dan memberikan pengaruh seperti pengaruh yang diberikan seseorang saat menerima upah?

Dr Norihiro Sadato, Ilmuwan Fisiologi dari Institut Nasional Jepang, melakukan sebuah riset melalui Magnetic Resonance Imaging MRI. Melalui MRI ini, Beliau memantau aktivitas otak, dalam aktivitas ini terbukti bahwa pujian dari orang lain menimbulkan efek seperti yang ditimbulkan saat seseorang menerima uang, yaitu mampu mengaktifkan pusat kecakapan di otak. Penelitian ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi:

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik dari sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. “(QS. Al-Baqarah : 263)

Di penelitian lain yang di lakukan di laboratorium Universitas Stanford, ditemukan sebuah fakta bahwa dalam setiap otak kita terdapat area yang menjadi aktif ketika seseorang menerima hadiah, penghargaan atau sejumlah uang yang tak terduga. Mereka juga menemukan bahwa wanita lebih banyak terpengaruh dengan kata-kata manis dan lebih menyukainya. Darisini inilah kenapa Rasulullah berwasiat kepada laki-laki agar dapat berlaku dan bertutur kata yang baik terhadap perempuan, Dalam sebuah hadits Rasulullah bersada,

“Berbuat baiklah kepada wanita.”

Melalui pemaparan diatas kita telah melihat betapa islam begitu memperhatikan perkataan yang baik. Dalam haditsnya yang mulia ini Rasulullah memberi tahu kita bahwa perkataan yang baik adalah sedekah untuk orang lain. Karena perkataan yang baik,manis dan santun bisa menjadi sebab orang mendapat kegembiraan selain daripada sekedar pemberian material.

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

Daem Kaheel, Syaikh Abdel. 2014. Rahasia Sunnah Nabi. Jakarta : Al Kautsar.