Sahabat as shidiq aqiqah,

mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya-tanya bagaimanakah status kebaikan yang dilakukan oleh orang baru memeluk islam yang dimana sebelumnya ia kafir?

Status Kebaikan Non Muslim Sebelum Masuk Islam

Dikutip dari Harakahislamiyah com, Dari Hakim bin Hizam bahwa ia bertanya kepada Rasulullah. Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu tentang amal yang pernah aku lakukan di masa jahiliah, seperti sedekah, membebaskan budak, dan menyambung tali silaturahim, apakah semua itu bernilai pahala? Nabi  menjawab: Engkau masuk Islam dengan membawa kebaikanmu yang dulu. (HR. Al-Bukhari).

Ibnu Bathal dalam kitabnya Syarah Shahih al-Bukhari menjelaskan maksud hadis di atas sebagai berikut.

Dalam hadis ini, Allah memberikan keutamaan kepada orang yang masuk Islam dari golongan Ahli Kitab dengan memberinya pahala atas kebaikan-kebaikan yang pernah  dilakukannya di masa Jahiliah. Hal ini juga sesuai dengan hadis Nabi yang lainnnya, yaitu: (Apabila seorang yang kafir masuk Islam dan berislam dengan baik, maka Allah akan mencatat semua amal kebaikan yang pernah ia lakukan (sebelum masuk Islam).

Pada kesempatan lainnya dalam kitab yang sama, Ibnu Bathal berkata:

Sebagian ulama berkata: Maksud hadis di atas ialah bahwa setiap orang musyrik yang masuk Islam, akan dicatat semua pahala dari amal kebaikan yang pernah ia lakukan sebelum masuk Islam. Dan tidak dicatat semua keburukannya. Karena Islam telah menghapus segala bentuk kesyirikan sebelumnya dan mencatat semua kebaikannya.

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
Persalinan Normal? Hindari 5 Hal Ini Bunda
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu