Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Sudah Tahu Kisah Wanita Syahidah Pertama Umat Islam? Mati dalam keadaan syahid merupakan puncak tertinggi daripada manisnya iman yang Allah anugerahkan kepada hambaNya. Sebab tidak semua orang diberi kesempatan untuk merasakannya. Diantara shahabiyat yang mendapat anugerah tersebut adalah Sumaiyah, Ya.. ia adalah seorang wanita yang pertama kali mendapatkan syahid dalam Islam.

Sudah Tahu Kisah Wanita Syahidah Pertama Umat Islam?

Kisahnya….

Sumayyah binti Khayyat, budak perempuan milik Abu Hudzaifah bin Mughirah. Beliau dinikahi oleh Yasir lalu keduanya menetap di Mekah. Oleh karena statusnya sebagai budak dan suaminya sebagai pendatang maka tak ada satu pun kabilah yang bersedia membelanya, menolongnya, dan mencegah kezaliman atas dirinya. Beliau hidup sebatang kara sehingga aturan yang berlaku pada masa Jahiliyah saat itu menyudutkan posisi beliau.

Singkat cerita, Melihat keindahan ajaran islam yang dibawakan oleh Rasulullah membuat Sumayyah mantap untuk menjadi seorang muslimah. Keyakinan Sumayyah untuk memeluk islam bukan tanpa tantangan. Ia dikecam oleh Bani Makhzum.

Abu Jahal, selaku pimpinan tertinggi Bani Makhzum menjemur Sumayyah di padang pasir tatkala matahari sangat terik dan menyengat. Kemudian ia meletakkan sebongkah batu yang sangat berat di atas dada Sumayyah.

Akan tetapi batu itu tidaklah menggoyahkan keimanannya… Melihat sikap Sumayyah yang begitu keras kepala dengan ajaran islam yang di bawa oleh Rasulullah membuat Abu Jahal menjadi sangat frustasi.

Puncaknya, dalam kitab ‘Usdhu al-Ghabah’, al-Hafizh Ibnu hajar mengatakan, “Abu Jahal menusuk sumaiyah dengan tombak yang ada ditangannya pada kemaluannya hingga meninggal dunia. Beliau adalah orang yang mati syahid pertama dalam Islam  dan beliau termasuk diantara orang yang memperlihatkan keislamannya secara terang-terangan pada awal datangnya Islam.”

Sumayyah rido menerima penyiksaan dengan tabah demi tetap bertahan di jalan Allah.  Dia telah membuktikan kejujuran imannya pada Allah dan RasulNya dengan berada di garis depan wanita-wanita mukmin yang tulus dan segera menerima Islam, sehingga meraih kehormatan sebagai orang-orang pertama yang masuk Islam dan mendapat kabar gembira yakni masuk surga.

Kalau sekiranya kita terlahir sebagai Sumayyah, Hidup dizaman Rasulullah. Kira Kira kita akan ikut Rasul atau Abu Jahal ya? Semoga dapat menjadi pelajaran untuk kita semua. Demikian tulisan kami pada hari ini semoga bermanfaat

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

https://muslimah.ordotid/10001-siapakah-syahidah-pertama-dalam-islam.html

https://kisahmuslimdotcom/932-kesabaran-sumaiyyah-dalam-mempertahankan-iman-wanita-pertama-yang-syahid-dalam-islam.html