Sahabat as shidiq aqiqah,

Tak terasa kita sudah memasuki 10 hari terakhir bulan ramadhan ya. Dalam 10 hari terakhir ini Rasulullah menganjurkan kita agar beritikaf di Masjid untuk menjemput malam yang mulia. Yakni malam lailatul qadr, malam yang lebih baik dari 1000 bulan. Agar kita ga sampe kelewatan malam yang mulia ini karena ketiduran. Berikut tips yang bisa sahabat amalkan nih biar itikaf berjalan tanpa rasa ngantuk :

1. Wudhu

Kalau misal sahabat mulai mengantuk coba deh untuk mengambil wudhu di sekitaran masjid. Insya Allah akan segar kembali setelah mengambil air wudhu.

2. Bobo Siang

Sahabat juga bisa tidur disiang harinya loh untuk menguatkan diri dalam beritikaf . Imam Asy-Syirbini Al-Khatib menyatakan bahwa tidur siang adalah tidur sebelum zawal (matahari tergelincir ke barat). Ibaratnya itu seperti sahur bagi orang yang berpuasa. (Al-Mawsu’ah Al-Fiqhiyyah, 34: 130). Berarti tidur siang ini akan semakin menguatkan aktivitas ibadah.

3. Cari Masjid Yang Terang

Untuk sahabat pejuang itikaf coba deh cari masjid yang enak penerangannya. Karena penerangan ini akan sangat mempengaruhi kekhusyuan kita dalam beritikaf. Sebab, kesadaran tubuh kita memiliki reaksi terhadap pola-pola alami cahaya.

4. Minum Kopi

Sahabat bisa juga minum kopi sebelum persiapan itikaf. Bukan rahasia umum lagi ya bahwa kalau kopi itu dapat menjadi senjata jitu untuk melawan kantuk.

5. Berbuka Tidak Berlebihan

Berlebihan dalam berbuka akan berpengaruh besar nantinya terhadap kemudahan atau kesulitan yang akan kita rasakan ketika beritikaf. Oleh karenanya usahakan tidak berlebihan dalam berbuka ya sahabat.. Berlebihan dalam berbuka sih biasanya Fix auto ninggalin shalat teraweh dan itikaf. Karena badan udah berat duluan buat berangkat jadinya ngantuk deh larinya.

6. Cari Masjid Yang Ramai

Tips terakhir bagi para sahabat pejuang itikaf. Coba cari masjid yang ramai deh. Agar suasana yang ramai tersebut bisa ikut membangun mental kita dalam beritikaf. Bukan rahasia lagi bahwa suasana memiliki pengaruh yang besar terhadap bagaimana caranya nantinya kita menikmati 10 malam terakhir lailatul qadr.

Referensi :

https://islamqadotinfo/id/answers/37951/apakah-dibolehkan-bagi-orang-yang-itikaf-keluar-dari-masjid

https://rumayshodotcom/15749-pernah-amalkan-tidur-qailulah-dan-tahu-manfaatnya.html