Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Lebaran sebentar lagi ya… pasti banyak dari sahabat dipenghujung ramadhan ini udah prepare untuk mudik. Agar mudik berjalan dengan baik sahabat bisa melakukan serangkaian tips ini nih :

1. Sholat Istikharah

Sebelum berangkat coba sholat istikharah dulu ya sahabat sama Allah. Agar selalu dalam lindungan Nya. Karena mudik adalah kegiatan ibadah maka jangan sampai kita lupa untuk melibatkan Allah ya.

2. Lunasi Hutang

Jangan sampai lupa untuk melunasi hutang ya sahabat sebelum mudik. Kita ga pernah tahu bisa saja mudik tahun ini adalah mudik terakhir kita. Jadi, jangan lupa lunasin hutang. Sebab, Ruh seorang mukmin tertahan pada hutangnya hingga dilunasi. Dalam islam orang yang mati syahid pun semua dosanya Allah ampuni kecuali hutangnya. Jangan anggap sepele hutang

3. Bawa Makanan Sendiri

Jangan lupa bawa makanan sendiri ya sahabat.. karena  lebaran pasti banyak yang tutup warung. Hitung – hitung bisa menghemat anggaran juga kan…

4. Obat – Obatan

Jangan lupakan juga obat-obatan ya sahabat. Seperti paracetamol, obat masuk angin, minyak angin, obat flu, diare, dan permen – permen mint.

4. Power Bank

Untuk sahabat yang ga pahaman peta lebih baik coba bawa power bank. Karena saat mentracking pasti akan menguras baterai smartphone. Minimal milikilah power bank dengan kapasitas 10.000 mah yaa… dibawah itu tidak dianjurkan.

5. Service Kendaraan

Sebelum berangkat jangan lupa service besar kendaraan ya sahabat. Lebih baik keluar uang lebih dikit untuk service biar lebih aman dalam berkendara daripada nanti duit keluar karena masuk rumah sakit  hehehe.

6. Siapkan Uang Pegangan

Saat dijalan kita tidak pernah tahu kebutuhan mendesak apa yang akan keluar. Oleh karenanya jangan lupa sisihkan uang sahabat untuk dana pegangan atau dana darurat.

7. Berangkat Malam Hari

Disunnahkan oleh Rasulullah untuk safar berangkat di malam hari. Dalilnya adalah sebagai berikut :

“Hendaklah kalian bepergian pada waktu (Duljah) malam, karena seolah-olah bumi itu terlipat pada waktu malam.” (HR Abu Dawud).

Maksud dilipat disini adalah safar dimalam hari perjalanan terasa lebih singkat dan nyaman.

Nah demikian tips mudik dari as shidiq aqiqah. Semoga bermanfaat !