Sahabat As shidiq Aqiqah,

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit diabetes melitus menempati posisi ke-3 sebagai penyebab kematian tertinggi di Indonesia pada 2014. Patut diketahui, penderita diabetes akan melakukan terapi dengan menggunakan insulin sintetis berharga relatif mahal.

Pada kesempatan kali ini, as shidiq aqiqah akan menshare tips treatment diabetes ala dr Zaidul Akbar nih. Yang simpel, murah muriah dan Insya Allah mudah untuk dijalankan. Apa saja itu? berikut pemaparannya :

1. Ganti Beras Putih Dengan Berah Merah

Jika beras putih tidak baik untuk penderita diabetes, maka berbeda dengan beras merah. Beras merah merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang cukup dianjurkan. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki GI yang rendah yaitu hanya 50. Selain dapat mengontrol kadar gula dalam darah, beras merah juga kaya akan serat dan vitamin B. Serat berfungsi untuk meningkatkan kepekaan sel dalam menerima hormon insulin sehingga mampu diubah menjadi energi. Sedangkan vitamin B dapat memenuhi asupan vitamin dalam setiap harinya.

2. Minum Jus Mengkudu dan Pare

Meskipun rasanya pahit dan mengeluarkan aroma yang tak sedap, buah mengkudu banyak mengandung nutrisi dan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh.

Kandungan zat proxeroni yang merupakan zat yang dapat membentuk alkaloid yang berfungsi untuk membuka pori-pori sel, sehingga nutrisi akan lebih mudah menyerap ke dalam tubuh. Adanya zat inilah yang yang membuat buah mengkudu ini cukup baik untuk dijadikan sebagai obat diabetes alami.

Dan untuk pare, perlu juga di ketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat dijadikan sebagai obat diabetes alami karena Pare di ketahui memiliki kandungan yang dapat menyehatkan pangkreas yang berfungsi untuk memproduksi insulin dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian di sebutkan, dengan mengkonsumsi pare dapat meningkatkan penyerapan sel glukosa di dalam tubuh serta dapat juga digunakan untuk menurunkan kolesterol berlebih.

3. Perbanyak Puasa Nabi Daud

Rahasia puasa Daud yang satu ini juga sangat istimewa. Dalam beberapa penelitian telah dibuktikan bahwa puasa Daud dapat menyehatkan badan karena meningkatkan sistem imun. Selain itu, puasa Daud dapat melindungi diri dari diabetes, memperbaiki kesehatan jantung, dan membuat tekanan darah lebih rendah meskipun selalu berhadapan dengan situasi stress.

4. Rajin Berolahraga

2 alasan utama bagaimana olahraga penting sekali dalam membantu menurunkan gula darah penyandang diabetes. Dua alasan itu adalah:

1. Aktivitas fisik menurunkan gula darah.  Karena olahraga membutuhkan kalori lebih banyak  secara alami, gula darah juga akan menurun. Menurut penelitian, setiap menit Anda melakukan aktivitas olahraga sedang sampai moderat menurunkan gula darah Anda satu poin. Jadi, bila gula darah Anda misalnya 200 mg/dl, kemudian Anda olahraga 45 menit, maka gula darah anda akan turun jadi 155 mg/dl. Dengan kata lain, 30-45 menit olahraga yang anda lakoni setiap hari seperti jalan, jogging, bersepeda, akan menurunkan kadar gula darah rata-rata 30-45 poin. Dan, jika Anda mengalami prediabetes, biasanya ini adalah stadium menunggu waktu menjelang diabetes, Anda jogging saja 30-45 menit, risiko Anda untuk menderita diabetes akan jauh berkurang. Bahkan dibandingkan dengan obat-obatan, olahraga dan makanan yang sehat mempunyai pengaruh lebih baik mencegah diabetes.

2. Olahraga memperbaiki komposisi tubuh. Tubuh kita terdiri dari air, jaringan adiposa (lemak), dan jaringan lain seperti otot, tulang dan sebagainya. Olahraga dapat mengurangi jaringan lemak tubuh, dan sebaliknya meningkatkan massa otot. Ini berakibat berkurangnya resistensi insulin, yang karenanya akan memperbaiki regulasi gula darah. Otot dikenal juga sebagai jaringan dengan metabolisme yang aktif. Sel otot memerlukan kalori lebih banyak dibandingkan sel lain. Satu pon otot misalnya, membakar kalori lebih besar dibandingkan dengan jumlah lemak yang sama.

5. Minum Madu Asli

Meski sama-sama terdiri dari glukosa dan fruktosa, pada gula tebu keduanya menempel menjadi sukrosa, sedangkan pada madu dua jenis gula ini terpisah.

Glukosa dan fruktosa diserap tubuh dalam kecepatan yang berbeda. Namun, karena dalam gula tebu keduanya menyatu dan tergolong karbohidrat sederhana, tubuh dengan mudah memecahnya sehingga kadar gula dalam darah bisa naik dengan cepat.

Madu membutuhkan insulin lebih sedikit serta mengandung indeks glikemik lebih rendah daripada gula tebu. Karena mengandung karbohidrat kompleks, madu lebih sulit dipecah oleh tubuh, sehingga kadar glukosa dalam darah tak melonjak tinggi seperti saat mengonsumsi gula.

Adapun untuk takarannya ayah bunda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter

6. Stop Gula Putih , Gorengan, Susu Sapi

Bukan rahasia lagi kalau gula putih itu ada musuh bagi penderita diabetes. Selain itu, dari berbagai sumber yang kami peroleh dr zaidul akbar menganjurkan untuk tidak mengonsumsi gorengan dan susu sapi.

Adapun untuk mereka yang mengalami perubahan karena resep ini bisa cek disini

Baca Juga

Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
Persalinan Normal? Hindari 5 Hal Ini Bunda
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

https://www jalansehat info/cara-mengolah-pare-agar-tidak-pahit/

https://www jalansehat info/sayuran-untuk-menurunkan-kolesterol/

https://abiummi com/menguak-rahasia-puasa-nabi-daud/

https://lifestyle.kompas com/read/2014/02/24/1407325/Inilah.Sebab.Pentingnya.Olahraga.Bagi.Penyandang.Diabetes?page=all

https://food.detik com/info-sehat/d-2763510/penderita-diabetes-boleh-minum-madu-ini-syaratnya