Sahabat As Shidiq Aqiqah,

Kita sebagai orang tua sangat khawatir bila anak enggan meminum obat ketika sedang sakit. Akibatnya Banyak orang tua yang memaksakannya dengan cara mencekokkan obat ke mulut anak, agar si anak mau meminumnya

Hasilnya, anak akan meronta-ronta, menangis, dan cenderung mengeluarkan kembali obat yang belum tertelan. Parahnya, anak bisa trauma dengan proses pencekokan tersebut. Lalu bagaimana trik agar kita dapat mengatasi anak susah minum obat? Di bawah ini adalah beberapa trik yang dapat membantu mengatasi anak susah minum obat, terutama untuk balita.

Trik Mengatasi Anak Susah Minum Obat

1. Iming-iming hadiah

Berilah “umpan” yang membuat anak susah minum obat jadi berubah pikiran. Misalnya, janjian es krim setelah ia mau menghabiskan obatnya. Tentunya hadiah harus disesuaikan dengan kondisi penyakit anak. Bila ia sakit batuk tentunya kita harus memilihkan hadiah lain yang tidak menyebabkan batuk tambah parah.

2. Teknik “sisipan”

Berikan obat di antara suapan-suapan makan. Misalnya, setelah makan bubur 2 sendok, maka sendok ketiga adalah obat. Lalu lanjutkan lagi dengan bubur. Namun balita tidak boleh merasa “dijebak”. Ia tetap harus diberi pengertian terlebih dahulu dan ia harus tahu bahwa sendok itu berisi obat, bukan bubur.

3. Alihkan perhatian dengan tayangan TV

Ada baiknya ketika makan obat, ada tayangan TV yang menarik perhatiannya, sehingga ia tidak terlalu memikirkan obat yang tidak enak. Bila menggunakan teknik “sisipan”, manfaatkan TV untuk menarik perhatiannya sejak awal ia makan, bukan hanya ketika menyuapi obat.

4. Main dokter-dokteran

Ini adalah permainan role play yang baik. Ajaklah main dokter-dokteran beberapa saat sebelum minum obat, tetapi setelah memberi penjelasan tentang pentingnya minum obat. Gunakan boneka kesayangannya sebagai pasien yang sakit. Jadikan anak sebagai dokter, dan mainkanlah peranan dokter memberi obat kepada boneka yang sakit. Lakukanlah hal ini sehingga ia bertindak secara sukarela, bukan dipaksa.

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
Persalinan Normal? Hindari 5 Hal Ini Bunda
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

https://id.theasianparentdotcom/5-trik-mengatasi-anak-susah-minum-obat