Assalammualaikum Warahamatullahi Wabarakatuh, Sahabat As Shidiq Aqiqah.

Pada kesempatan kali ini kami melanjutkan tulisan Yuk Belajar Food Combining Dari Rasulullah Part 1. Setelah kita mempelajari segelintir mengenai makanan-makanan yang disukai oleh Rasulullah. Sekarang kami akan membahas mengenai pola kebiasaan Rasul dalam makan. Berikut pemaparannya :

1. Sarapan Rasulullah

Menjelang pagi hari, Rasulullah akan sarapan dengan segelas air dingin yang dicampur dengan sesendok madu asli. Madu berfungsi untuk membersihkan lambung, mengaktifkan usus-usus dan menyembuhkan sembelit, wasir, dan peradangan. Kemudian, pada masuk waktu duha, Rasulullah senantiasa mengonsumsi tujuh butir kurma.

2. Pola Makan Sehat Nabi Pada Sore Hari

Menu Rasulullah Menjelang sore hari biasanya cuka dengan minyak zaitun. Selain itu, Rasulullah juga memakan makanan pokok seperti roti. Pola makan sehat ini mencegah lemah tulang, kepikunan di hari tua, melancarkan sembelit, menghancurkan kolesterol dan melancarkan pencernaan. Roti yang dicampur cuka dan minyak zaitun juga berfungsi untuk mencegah kanker dan menjaga suhu tubuh di musim dingin.

3. Pola Makan Sehat Nabi Pada Malam Hari

Menu Rasulullah pada  malam hari  adalah sayur-sayuran. Secara umum, sayuran memiliki kandungan zat dan fungsi menguatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari serangan penyakit. Kemudian Rasulullah saw. tidak langsung tidur setelah makan malam. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Dikutip dari abiummidotcom, pada pukul 12.00-20.00 terjadi proses pencernaan yang membutuhkan lebih banyak energi dan asupan makanan. Maka dari itu, pada waktu inilah seseorang perlu mengisi lambung dengan makanan padat. Kemudian pada pukul 20.00 – 04.00 terjadi proses penyerapan  sebagian besar zat-zat makanan yang sudah tercerna dan pembagian zat-zat makanan ke seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, tidur terlambat atau makan larut malam dapat mengurangi pasokan energi yang diperlukan untuk proses penyerapan. Selanjutnya, merupakan proses terakhir, yaitu proses pembuangan yang terjadi pada pukul 04.00-12.00, dimana pada waktu ini energi tubuh dipusatkan untuk pembuangan, sehingga tubuh tidak perlu makanan padat yang sulit dicerna, cukup menganti dengan makanan yang mengandung gizi yang cukup diperlukan oleh tubuh.

Sahabat tertarik untuk menerapkannya?

Baca Juga

Bulan Muharram ? Inilah 4 Cara Menyambutnya
Keuangan Keluarga? Perhatikan 5 Hal Penting Ini
5 Cara Menyelamatkan Stock ASI Saat Mati Lampu

Referensi :

metode food combining pola makan sehat ala rasulullah 2